Jumat, 05 Juli 2019

Jemparingan Jogja

Jemparingan Jogja 

AJemparingan Mataraman gagrak PERPANI



atau jemparingan-mataraman yg umum kita kenal sekarang, asalnya adalah seni panahan tradisional dari Kasultanan Mataram Yogyakarta / Jemparingan Mataraman.

Di era pemerintahan Sultan Agung, jemparingan turut menyebar ke seluruh pulau Jawa – Madura dan Nusantara. Maka tidak heran, sampai sekarang masih banyak ditemui di banyak daerah non Yogyakarta, peninggalan berupa busur gendewa, maupun budaya panahan jemparingan model lama / jegulan.


B.   JEMPARINGAN gagrak Mataram Karaton Ngayogyakarta



Seni memanah ini sudah ada sejak Awal pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono ke 1, dilakukan dalam posisi duduk bersila, wajib menggunakan busur gendewa dg cengkolak (ing. riser / handle) dari kayu, dan lar/ sayap (ing. limb) dari kayu walikukun yang keras, padat dan halus, serta tidak mudah patah  (sekarang : bambu Petung)



Gandhewo dan jemparing jegulan sampai sekarang masih tetap dipergunakanprajurit khusus bregada NYUTRO di kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, dalam upacara-upacara RESMI.
Sasaran targetnya pun bukan ring lingkaran seperti umumnya cabor panahan / menembak, melainkan jerami yg diikat seukuran tali-pramuka (3 x 30 cm), dan digantung setinggi orang dewasa -+ 160cm.
Dulunya jarak target yg sering disebut bandul wong-wongan ini mencapai 50m, namun seiring langkanya tempat lapang untuk gladhen, sekarang rata-rata jarak target jemparingan adalah 35m saja.

Dulu di Kraton Yogyakarta jegulan hanya Khusus untuk para abdi-dalem dan keluarga kraton. Dilakukan dg posisi melintang, tanpa dibidik dg mata, melainkan dg hati.
Teknik di atas oleh kalangan UMUM dikenal dg istilan : jegulanjenthotan, atau undlup ini baru MULAI diajarkan untuk masyarakat luas mulai 16 Januari 2018.
Sebelumnya… he.3x saya sendiri dilarang utk mengikutinya ðŸ˜€

Belajar Panahan Jemparingan Mataraman Yogyakarta (AK)

Panduan belajar panahan JEMPARINGAN mataram Yogyakarta (  Bpk. Kris Jemparingan.com )  Panduan belajar panahan JEMPARINGAN mataram Yog...