Minggu, 07 Juli 2019

Rembug Jemparingan Nusantara

Rembug Jemparingan Nusantara


Pada sesi pertama – mas Eko (Kang Lawasan) sebagai pelontar ide silaturahmi antar paguyuban jemparingan menceritakan kegilaannya pada jemparingan hingga mimpi-mimpi besarnya tentang jemparingan hingga munculnya ide untuk membangun mimpi-mimpi ini bersama paguyuban-paguyuban jemparingan yang mulai bermunculan di berbagai daerah.

Ide ini dilontarkan dalam forum/grup komunikasi online Jemparingan Mataraman , dan bersambut baik hingga digelarnya kegiatan ini pada hari Minggu, 8 Januari 2017.
Pada kesempatan selanjut, mas Hafiz Priyotomo mencoba membagi pengalaman di dalam pengembangan dan pengelolaan komunitas Jemparingan Langenastro serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi Jemparingan Langenastro sejak lahir hingga menginjak usianya yang ke-5.

Sesi kedua dimulai setelah istirahat makan siang dan sholat. Dibuka dengan cerita suka duka dari perwakilan paguyuban dan lembaga di dalam berkegiatan jemparingan di daerahnya. Sesi ini juga dimanfaatkan untuk menggali ide, gagasan dan tindak lanjut pertemuan. Berbagai ide mengalir dan diskusi yang hangat mewarnai sesi kedua ini.
Pada akhir kegiatan seluruh peserta Rembug Jemparingan Nusantara sepakat untuk:
1) Membentuk badan atau forum komunikasi yang mewadahi paguyuban jemparingan yang ada;
2) Nama organisasi, badan atau forum komunikasi akan disepakati di pertemuan-pertemuan selanjutnya;
3) Pada kesempatan ini berhasil dibentuk tim formatur dengan susunan sebagai berikut:
    Ketua: …..Hafiz Priyotomo
Anggota:
……………. – Eko Riyantoko
……………. – Joko Mursito
……………. – Budi Narwanto
……………. – Hafiedz
4) tim formatur selanjutnya akan mulai bekerja untuk menyusun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi serta rencana kongres pertama yang rencananya akan digelar pada bulan Maret 2017;
5) segera dijadwalkan pertemuan-pertemuan selanjutnya untuk memperuncing rencana-rencana kegiatan di atas.
Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan dulur-dulur jemparingan hari ini menjadi awal sejarah gerakan pelestarian jemparingan yang lebih baik untuk generasi selanjutnya.


Belajar Panahan Jemparingan Mataraman Yogyakarta (AK)

Panduan belajar panahan JEMPARINGAN mataram Yogyakarta (  Bpk. Kris Jemparingan.com )  Panduan belajar panahan JEMPARINGAN mataram Yog...